Jumat, 28 Januari 2011

Masuk PVP, Siap Kalah, Siap Mati, Siap Menang


Halo semuanya, sahabat se-Rebirth. Kali ini cuma pengen sharing. Sharing karena ini emosi sudah meluap-luap pengen dikeluarin. /e32
Merujuk pada trhead-thread sebelumnya [yang membahas jenis-jenis guild kalo ga salah] itu ada guild yang haus kekuasaan, guild fair, dll. Nah, saat ini Kento ingin membahas tentang masalah PVP [Player Versus Player]. Secara pribadi, jujur saja bagi saya PVP room adalah ruang yang paling saya hindari. Bisa dibilang, saya masuk ruang PVP hanya untuk mengetes equip dan MVP an kalo lagi ada EXP [kan kalo mokad di PVP room ga berkurang EXPnya /e4 ].
Keengganan saya untuk masuk ruang PVP bukan karena saya tidak mampu untuk bertarung atau takud terbunuh. Saya malas masuk ruang itu karena biasanya justru setelah PVP bukanya menambah kepuasan, tetapi malah menambah musuh.
Mentalitas para playerlah [tetapi tidak semua player] yang membuat saya malas untuk ber-PVP ria. Maaf, no offense, yah. Tetapi kebanyakan player memang bermental kurang baik. Jika mereka kalah, jarang sekali player yang mengaku secara jantan, “OK, kk, saya kalah”. Malah balas mega “LU BANGGA,YA DS CUMA 4k? SINI LAWAN ASS X GW”. Udah kalah, malah dendam. dah dendam, mega lagi. Belum pernah saya mendengar ada mega yang intinya “Kk, kk hebad. Saya mengaku kalah”. Kalau kalah kenapa harus malu, sih?
Yang menang pun demikian. Sepertinya setelah berhasil bunuh player di PVP ukuran kepalanya sepertinya menjadi berlipad ganda /pif . Udah gitu ngatain “dasar cupu”, pula.
Mengapa mentalitas teman2ku kok jadi begini? Mengapa malu untuk mengakui kekalahan jika memang kalah? Mengapa harus ada dendam? Bukankah mengakui kekalahan itu jauh lebih ksatria daripada melakukan pembelaan dan pembenaran terhadap diri sendiri? Mengapa harus ada kata “bangga lu ya, menang”, “sok, lu”, “sini lawan char gw yang lain”, “ya iyalah, secara gw kalah level”, “ya iyalah, gw lagi kosongan [ga pake equip]“. Tolong bangun sikap ksatria, plizz.
Ketika menang, kenapa harus bersombong ria? Apakah kita sanggup mengalahkan semua jenis job? Ingat di job RO itu seperti perputaran roda. Tidak ada satu job pun yang dapat mengalahkan semua jenis job. Misalkan stalker boleh berbangga terhadap ass x, karena dari segi skill, dia dapat melakukan perfect hiding. Akan tetapi bagaimana ketika berhadapan dengan HW? HW dengan kombinasi Safty Wall dan skill offensif, dapat mudah mengalahkan Stlker. Bolehlah, HW berbangga terhadap stalker. akan tetapi bagaimana ketika HW dihadapkan dengan Scholar? Efek kartu phen pun tak akan berdaya melawan “Spell Breaker”nya. Intinya seperti ketika adu jari [main batu-gunting-kertas]. Batu kalah dengan kertas, kertas kalah dengan gunting, gunting kalah dengan batu. Setiap job pasti unggul terhadap satu jenis job, tetapi pasti lemah terhadap job lain. So, kenapa kita harus menyombongkan diri? Di atas langid masih ada langid, kk. ^^
Kawan-kawanku semua, mulai sekarang, sebelum memperbaiki skill, perbaikilah mentalitas kita semua. Sudah banyak, kk, akibat dari kerusakan mental para player dan sebagian besar sudah dimuat di situs ini. Pembukaan BDB yang bertujuan tidak baik, main warp yang bertujuan untuk membunuh player, aksi tipu-menipu, aksi adu domba antar guild, aksi meniru nick orang, perang megacod, adalah satu dari sekian banyak akibat dari mulai menurunnya mentalitas para player di all Server.
At last, tetaplah jaga sportifitas, jika kalah, akui secara jantan dan jika menang ga usah belagu. Kalau misalnya tidak mau terbunuh atau tidak siap kalah, lebh baik tidak usah masuk ruang PVP deh [maaf, no offense, kk. Maaf banget jika ada yang tersinggung ^^], tapi demi Tuhan, Kento tidak bermaksud untuk membela atau menyalahkan siapapun. Kento cuma tidak ingin sehabis keluar dari PVP room bukanya nambah teman dan kenalan, tetapi malah nambah musuh karena mereka ga terima dengan kekalhan atau yang sombong dengan kemenangan.
Semoga RO makin lama makin fun, dan makin banyak fansnya.
Salam Persahabatan



Kamis, 27 Januari 2011

Link bot baru

nih ane postkan yg terbaru linknya karena dha dihapus:
buat yg bot support :
http://www.mediafire.com/?t72pgmac571pwz1#2
Buat yang tipe battle bisa dunlud dsini :
http://www.mediafire.com/?b6wts8y63k6h76i

Link bot baru

Rabu, 26 Januari 2011

Tipz Mengetik Cepat

Mengetik dapat dilakukan dengan cepat jika kita dapat menggunakan kemampuan sepuluh jari kita dan tanpa melihat tombol keyboard terlebih dahulu (blind system). Dengan seperti ini kita dapat menyelesaikan ketikan dalam waktu yang lebih singkat, lebih mudah, dan lebih menyenangkan. Mengetik dengan sepuluh jari dan tanpa melihat tombol keyboard dapat kita pelajari dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan tentunya.
typing-masterPada tahun 90-an, kita sering menemukan buku belajar mengetik sepuluh jari. Namun, pada waktu itu pelajaran mengetik 10 jari yang disajikan digunakan untuk belajar mengetik pada mesin tik. Memang setelah mempelajari langkah demi langkah cara yang mengetik cepat akhirnya kita dapat menguasai kemampuan mengetik cepat dengan 10 jari. Namun, ketika teknologi komputer semakin berkembang setelah setelah diluncurkannya Windows 3.1 dan Windows 95 banyak orang sudah beralih ke Komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mengetik di mana sebelumnya hanya dilakukan pada komputer dengan tampilan teks (zaman DOS) dan mesin tik. Di saat perpindahan dari tuts mesin tik ke tombol Keyboard diperlukan penyesuaian karena terdapat perbedaan keduanya walaupun masih sama-sama menggunakan susunan huruf QWERTY.
Untuk belajar mengetik di komputer telah tersedia banyak software, ada yang bersifat free, trial, shareware, fullversion. Anda dapat memilih sendiri aplikasi untuk belajar mengetik. Dengan menggunakan software tutor ini kita dapat mempercepat kemampuan mengetik kita, karena aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja walaupun sudah memiliki kemampuan mengetik di atas rata-rata.
Salah satu aplikasi yang sering saya dan keluarga gunakan selama ini yaitu TypingMaster. Dengan bantuan aplikasi kita dapat melatih kemampuan anak-anak, untuk menggunakan kemampuan menggunakan semua jari tangannya untuk mengetik. Namun, dalam penggunaan sepuluh jari ini dilarang untuk melihat tombol keyboard. Karena kita akan melatih kemampuan tangan untuk menghapal seluruh tombol keyboard tanpa bantuan mata (blind). Sekali lagi, jangan menggunakan mata. Tapi, gunakanlah kemampuan raba dan imajinasi Anda. Dan yang terpenting dalam meletakkan posisi tangan kita pada keyboard adalah posisi jari telunjuk kanan dan kiri kita di keyboard pertama kali, yaitu harus diletakkan pada huruf J dan F sebagai patokan kita. Di kedua tombol tersebut sudah ditandai dengan sedikit tonjolan untuk memudahkan kita mengenali kedua tombol tersebut.
TypingMaster ini dapat membantu Anda yang ingin belajar mengetik sepuluh jari tanpa melihat tombol keyboard. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan untuk meningkatkan kecepatan mengetik Anda di setiap sesi pelajaran. Selain itu kita dapat melatih kemampuan mengetik kita dengan teks yang telah disediakan serta dapat melihat hasil kemampuan mengetik kita kemudian mencetaknya, sehingga Anda memiliki Ijazah mengetik sendiri yang terdiri dari: kecepatan, keakuratan, dan durasi waktu yang digunakan.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Build Status Assasin Crit manteb

neh ane posting status Assassin Crit ane
Str   : sisanya ajh
Agi  : 90 ~ 99
Vit   : 1 ajh
Dex : 1
Int   : 1
Luk : 55 ~ 60

buat set Equip :

Alice Doll Hat [ Colok Vanberk card ]
+5~9 Thief Clothes [ Colok Porcellio Card ]
+7~9 speciality jur [4] [ Colok SS card 4 biji ]
+5~9 Manteau [ Colok Whisper Card ]
+5~9 Boots [ Colok Mantyr Card ]
Clip [1] / Rosary [1] [Colok kobold Card] (2 biji)

Catetan : Equip tergantung kemampuan masing-masing

Sekian dari saya moga-moga bermanfaat.... Ciao ^^

Tidak Perlu Zeny banyak buat bikin Badak

INi mungkin topik yang agak sedikit matematis /wah . Sudah pada tahu belum, arti DEF kita? Liat aja bagian “status” kita, trus liat bagian DEF. MIsal kita punya DEF 50+60. Nah, 50 itu berasal dari equip kita, dan 60 berasal dari VIT kita.
Pengurangan dari angka tersebut terhadap ATK musuh juga berbeda. Angka 50 (biasa disebut “DEF kiri or DEF Equip” mengurangi serangan dalam bentuk “presentase”, sedangkan angka 60, biasa disebut “DEF kanan or DEF VIT” mengurangi serangan dalam bentuk point.
Contohnya atk musuh 1000, maka pengurangannya, sbb:
1000 - (50% x 1000) - 60 = 440
Jadi total damage yang kita terima sebesar 440.
Dari perhitungan diatas, kita mengetahui, bahwa equip sangatlah penting. Itulah mengapa equip yang ++ selalu dicari, karena setiap sekali tempa, menambah DEF +1
Ngomong-ngomong soal equip, pada tahu dong, equip rata2 +7 itu harganya selangit (bagi orang seperti saya) /heh . Oleh karena itu, perlu suatu pengetahuan gimana sih, supaya kita tetap isa bertahan (terutama bagi para TB-ers) dalam arena pertempuran dengan monster yang makin lama makin mengganas /wah tetapi dengan budget seminim mungkin /e2
Pengetahuan tentang fungsi card sangat penting, apalagi card2 yang menambah def. Misal tingkat DEF Spiky Headband polos adalah 6. Hal itu bisa kita siasati dengan memakai rune monk hat (DEF 5) yang kita isi dengan STAINER CARD (DEF +1) Jadi total DEF 5+1=6!! Tingkat DEF yang sama dengan spiky!! Bandingkan harganya!! Spiky headband rata2 berharga 7jt-an, sementara rune monk hat + Stainer Card paling mahal berharga 1,7 jt-an. Card yang lain adalah mineral card (atk-25 DEF +3). DEF +3 menn!!. sama persis seperti fungsi Safety Ring. Harga mineral card dibandingkan dengan harga safety ring? /…
Yang kedua pengetahuan tentang data-data momon sangat perlu, lho!! Agar kita bisa tau Equip mana yang isa kita pakai. Misalnya di nameless, rata-rata momon bertype undead dan demon. Nah, ini yang sangat menarik!! Rata-rata High Priest menggunakan buckler isi Khalitz dan Tedy Bear (Jadi ganti2 buckler). Liad harga Khalitz card 20 jt lebih bro!! Tedy Bear? 15 jt lebih! /e5 Nah, kenapa ga pake set priest aja? Kombinasi Fur Seal, Geographer, L.P.Tree, Cookie, dan ridewood bisa menahan 30% serangan undead dan demon. Jadi ga usah ganti2 buckler /e4 . 30% itu sama dengan Eq rata2 +4. Jadi, kalo kita masukkan set tersebut ke eq rata2 +4, maka kita sama aja pake eq rata2 +8 ke nameless /e8 .Dan, harga set tersbut, ga nyampe 5 juta lho. Ride wood paling 2jt an, cookie 1 jt-an, card yg lain, rata2 200-300K-an.
Ada satu hal yang lucu: Suatu hari, setelah beberapa saat melakukan proses Tahan Badan dalam misi pembunuhan Valkirie /wah . Ada seorang Priest Cewe /lov bertanya
Priest cewe:. “Wogh om Kento Edan!!. Eq-nya +brapa tuh?”
Kento : Biasa aja /twnk
Priest Cewe: Lha tadi pas kena pukul VAL, kok isa badak? /hmm
Kento : Waduh, mbak, saya ga punya cula /sob
Priest cewe: Atau VITnya gedhe ya om?
Kento : Mana ada HP Magnus punya VIT gedhe /…
Kento : Hoki kali
(Dalam Hati: Pake Anubis Card, lha Mbak. -20% serangan momon Angel /gg .Harga Anubis card murah lho! Gaji dari sekali GBin udah isa beli tuh card /e4 )
DEF sangat penting, tapi tak selalu harus mahal, bro. Yang jelas, kita harus rajin2 baca fungsi card2 yang dijual di vendingan. Jangan kira card2 yang murah2 itu bisa disepelekan, lho!!
Kartu-kartu elemen, seperti swordfish card, dakkaebi card, sandman card, penting banget karena bisa sampe mngurangi damage sihir yang elemen sama samapi 50%. MIsal dokkaebi card, membuat armor berelemen angin, itu bisa bikin kita geli2 kena Thunder Stormn-ya Skegiold, balon yang suka bikin kesel di ODIN itu /e1
Oke, teman, di RO tak selalu zeny,zeny dan zeny. Kita musti pinter,ngerti, dan cerdik. ok?
Special Thanks buat Advise-nya to: High Priest Luna|Yellow, dan azzalzalah.
wassalam
Bekento
This post was submitted by High Priest Bekento.

Minggu, 16 Januari 2011

Menghias Nama Char,Grup n Guild

Menghias Nama Grup / Guild / Gelar

Terkadang kita melihat grup / guild /gelar orang lain terlihat keren karena adanya sedikit hiasan, mulai dari yang standar seperti Guild [BrigaTe_RossoNere*]
sedikit hiasan seperti Guild [¤ Bloody £egion ¤]
atau bahkan sampe yang ribet seperti Guild [¤§å†ånI¢•KinGÐøM¤]
Nah, gimana sih bikin tulisan-tulisan seperti itu… mari kita uraikan satu persatu
Karakter-karakter tersebut disebut karakter ASCII (Extended ASCII). Cara mengetikkan kode ini adalah dengan menekan tombol ALT, di ikuti dengan angka pada keypad. Keypad adalah tombol angka-angka yang berada disebelah kanan keyboard anda. Numlock tidak harus dalam keadaan on
Mari kita mulai dengan kode-kode yang sering kita gunakan :
• Alt+7 atau Alt+0149
½ Alt+171 atau Alt+0189
» Alt+175 atau Alt+0187
« Alt+174 atau Alt+0171
× Alt+0215
¤ Alt+0164
™ Alt+0153
© Alt+0169
Dan masih banyak lagi lainnya. Nah, darimana sih datangnya kode dewa ini ?
Di WindowsXP sendiri sebetulnya sudah di sediakan fasilitas ini. Nama programnya adalah Character Map
Posisinya ada di Start Menu\Programs\Accessories\System Tools\Character Map

Nah, sekarang tinggal select karakter apa yang kita inginkan, di kanan bawah akan keliahatan kode (Keystroke) yang harus kita ketikkan.
Atau lebih gampang, klik 2x sehingga muncul pada characters to copy, dan selanjutnya tinggal copy paste. Sehingga kita dengan cepat bisa membuat kata unik seperti ÞàšärÞãÿôñ
Gampang kan /gg

Tip tambahan:
Karakter Space (alt+32) dan karakter No-Break Space (alt+0160) adalah dua karakter yang berbeda tetapi sangat sangat mirip sekali. Mata biasa tidak akan bisa membedakannya. Jadi jangan heran apabila melihat 2 guild yang sangat mirip, tapi sebetulnya itu adalah guild yang berbeda.
nb.
Tanpa bermaksud apa-apa, penulis mohon maaf kepada 3 Guild yang disebut diatas, karena dijadikan sebagai contoh ^^
nb lagi.
Kalo buat guild dengan karakter aneh-aneh, harap di inget cara penulisannya. karena untuk mendelete guild tersebut harus di tulis sama persis seperti saat membuat guild.

Sabtu, 15 Januari 2011

bot RO buat tipe serangan fisik (swordman,Thief,merchant,dll)

Neh buat yg mau ngebot ane kasi openkore yg dha ad confignya ( khusus serangan jarak dekat)
Bisa di dunlud di link :

http://www.mediafire.com/?21lr3c40fz4v3vc


untuk Config Priest bisa copy di bawah

# Please Read the Users Manual
# The Manual is located at http://openkore.sourceforge.net/manual/

######## Login options and server-specific options ########

master Indonesia - idRO: Thor - Fun n Chat - Rebirth
server
username
password
loginPinCode
char
sex

bindIp
# For an overview of all servertypes please go to the following URL:
# http://www.openkore.com/wiki/index.php/ServerType#English
serverType idRO

# 1 = hook into RO client, 2 = Act as stand-alone proxy, proxy = act as true proxy
XKore 0
XKore_silent 1
XKore_bypassBotDetection 0
XKore_exeName ragexe.exe

# XKore 2 / Proxy configuration
XKore_listenIp 127.0.0.1
XKore_listenPort 6901
XKore_publicIp 127.0.0.1

# It is not advised to set secureAdminPassword if you're using Xkore 2
secureAdminPassword 1
adminPassword spouceru
callSign
commandPrefix ;

pauseCharServer 0
pauseMapServer 0
ignoreInvalidLogin 0
secureLogin_requestCode

message_length_max 80

######## Main configuration ########

alias_heal sp 28

allowedMaps
allowedMaps_reaction 1

attackAuto 0
attackAuto_party 0
attackAuto_onlyWhenSafe 0
attackAuto_followTarget 0
attackAuto_inLockOnly 0
attackDistance 3.5
attackDistanceAuto 0
attackMaxDistance 5
attackMaxRouteDistance 100
attackMaxRouteTime 4
attackMinPlayerDistance 2
attackMinPortalDistance 4
attackUseWeapon 0
attackNoGiveup 0
attackCanSnipe 0
attackCheckLOS
attackLooters 0
attackChangeTarget 0
aggressiveAntiKS 0

autoMoveOnDeath 0
autoMoveOnDeath_x
autoMoveOnDeath_y
autoMoveOnDeath_map

attackEquip_topHead Golden Helmet
attackEquip_midHead
attackEquip_lowHead
attackEquip_leftHand
attackEquip_rightHand
attackEquip_leftAccessory Golden Accessory
attackEquip_rightAccessory
attackEquip_robe
attackEquip_armor Golden Armor
attackEquip_shoes Golden Shoes
attackEquip_arrow

autoBreakTime Thu {
    startTime 14:00
    stopTime 18:00
}

autoConfChange {
    minTime
    varTime
    lvl
    joblvl
}

autoMakeArrows 0

autoRestart 0

autoRestartMin 10800
autoRestartSeed 3600

autoRestartSleep 1
autoSleepMin 900
autoSleepSeed 900

autoResponse 0

autoSpell

avoidGM_near 0
avoidGM_near_inTown 0
avoidGM_talk 0
avoidGM_reconnect 1800
avoidGM_ignoreList

avoidList 1
avoidList_inLockOnly 0
avoidList_reconnect 1800

cachePlayerNames 1
cachePlayerNames_duration 900
cachePlayerNames_maxSize 100

clientSight 20

dcOnDeath 0
dcOnDualLogin 0
dcOnDisconnect 0
dcOnEmptyArrow 0
dcOnMaxReconnections 0
dcOnMute 0
dcOnPM 0
dcOnZeny 0
dcOnStorageFull 1
dcOnPlayer 0

follow 1
followTarget
followEmotion 1
followEmotion_distance 4
followFaceDirection 0
followDistanceMax 6
followDistanceMin 2
followLostStep 6
followSitAuto 1
followBot 0

itemsTakeAuto 0
itemsTakeAuto_party 0
itemsGatherAuto 0
itemsMaxWeight 89
itemsMaxWeight_sellOrStore 48
itemsMaxNum_sellOrStore 99
cartMaxWeight 7900
itemsTakeAuto_new 0
   

lockMap
lockMap_x
lockMap_y
lockMap_randX
lockMap_randY

route_escape_reachedNoPortal 1
route_escape_randomWalk 0
route_escape_shout
route_avoidWalls 1
route_randomWalk 2
route_randomWalk_inTown 0
route_randomWalk_maxRouteTime 75
route_maxWarpFee
route_maxNpcTries 5
route_teleport 0
route_teleport_minDistance 150
route_teleport_maxTries 8
route_teleport_notInMaps
route_step 15

runFromTarget 0
runFromTarget_dist 6

saveMap
saveMap_warpToBuyOrSell 1
saveMap_warpChatCommand

shopAuto_open 0
shop_random 0

sitAuto_hp_lower
sitAuto_hp_upper
sitAuto_sp_lower
sitAuto_sp_upper
sitAuto_over_50
sitAuto_idle 1
sitAuto_look
sitAuto_look_from_wall


statsAddAuto 0
statsAddAuto_list
statsAddAuto_dontUseBonus 0
statsAdd_over_99 0

skillsAddAuto 0
skillsAddAuto_list

tankMode 0
tankModeTarget

teleportAuto_hp 0
teleportAuto_sp 0
teleportAuto_idle 0
teleportAuto_portal 0
teleportAuto_search 0
teleportAuto_minAggressives 0
teleportAuto_minAggressivesInLock 0
teleportAuto_onlyWhenSafe 0
teleportAuto_maxDmg 500
teleportAuto_maxDmgInLock 0
teleportAuto_deadly 1
teleportAuto_useSkill 3
teleportAuto_useChatCommand
teleportAuto_allPlayers 0
teleportAuto_atkCount 0
teleportAuto_atkMiss 10
teleportAuto_unstuck 0
teleportAuto_lostTarget 0
teleportAuto_dropTarget 0
teleportAuto_dropTargetKS 0
teleportAuto_attackedWhenSitting 0
teleportAuto_totalDmg 0
teleportAuto_totalDmgInLock 0
teleportAuto_equip_leftAccessory
teleportAuto_equip_rightAccessory
teleportAuto_lostHomunculus
teleportAuto_useItemForRespawn

dealAuto 1
dealAuto_names
partyAuto
partyAutoShare 1
guildAutoDeny

verbose 1
showDomain 0
squelchDomains
verboseDomains
beepDomains
beepDomains_notInTown

logChat 0
logPrivateChat 1
logPartyChat 1
logGuildChat 1
logSystemChat 1
logEmoticons
logConsole 0
logAppendUsername 1

chatTitleOversize 0
shopTitleOversize 0

sleepTime 10000

ignoreAll 0
itemHistory 0
autoTalkCont 1
noAutoSkill 0
portalRecord 2
missDamage 0

tankersList

repairAuto 0
repairAuto_list

removeActorWithDistance

######## Mercenary Support ########

mercenary_attackAuto 2
mercenary_attackAuto_party 1
mercenary_attackAuto_notInTown 1
mercenary_attackAuto_onlyWhenSafe 0
mercenary_attackDistance 1.5
mercenary_attackMaxDistance 2.5
mercenary_attackMaxRouteTime 4
mercenary_attackCanSnipe 0
mercenary_attackCheckLOS 0
mercenary_attackNoGiveup 0
mercenary_attackChangeTarget 1

mercenary_followDistanceMax 10
mercenary_followDistanceMin 3

mercenary_route_step 15

mercenary_tankMode 0
mercenary_tankModeTarget

mercenary_teleportAuto_hp 10
mercenary_teleportAuto_maxDmg 500
mercenary_teleportAuto_maxDmgInLock 0
mercenary_teleportAuto_deadly 1
mercenary_teleportAuto_unstuck 0
mercenary_teleportAuto_dropTarget 0
mercenary_teleportAuto_dropTargetKS 0
mercenary_teleportAuto_totalDmg 0
mercenary_teleportAuto_totalDmgInLock 0

######## Homunculus Support ########

homunculus_attackAuto 2
homunculus_attackAuto_party 1
homunculus_attackAuto_notInTown 1
homunculus_attackAuto_onlyWhenSafe 0
homunculus_attackDistance 1.5
homunculus_attackMaxDistance 2.5
homunculus_attackMaxRouteTime 4
homunculus_attackCanSnipe 0
homunculus_attackCheckLOS 0
homunculus_attackNoGiveup 0
homunculus_attackChangeTarget 1

homunculus_followDistanceMax 10
homunculus_followDistanceMin 3

homunculus_route_step 15

homunculus_tankMode 0
homunculus_tankModeTarget

homunculus_teleportAuto_hp 10
homunculus_teleportAuto_maxDmg 500
homunculus_teleportAuto_maxDmgInLock 0
homunculus_teleportAuto_deadly 1
homunculus_teleportAuto_unstuck 0
homunculus_teleportAuto_dropTarget 0
homunculus_teleportAuto_dropTargetKS 0
homunculus_teleportAuto_totalDmg 0
homunculus_teleportAuto_totalDmgInLock 0

# intimacyMax / Min sets a threshhold of when not to feed your homunculus
# If intimacy is HIGHER than the minimum or LOWER/EQUAL to the max, we wont feed.
homunculus_intimacyMax 999
homunculus_intimacyMin 911

# How long should we wait between feeding? default: random between 10 and 60 seconds
homunculus_hungerTimeoutMax 60
homunculus_hungerTimeoutMin 10

# Turn on/off homunculus autofeeding
homunculus_autoFeed 1
# In Wich maps should we allow feeding? (leave empty for any map)
homunculus_autoFeedAllowedMaps

# Feed homunculus between MIN and MAX value (example: between 11 and 25)
homunculus_hungerMin 11
homunculus_hungerMax 24

######## Block options ########
# You can copy & paste any block multiple times. So if you want to
# configure two attack skills, just duplicate the attackSkillSlot block.

attackSkillSlot {
    lvl 1
    dist 5
    maxCastTime 0
    minCastTime 0
    hp
    sp > 100
    homunculus_hp
    homunculus_sp
    homunculus_dead
    onAction
    whenStatusActive
    whenStatusInactive
    whenFollowing
    spirit
    aggressives
    previousDamage
    stopWhenHit 0
    inLockOnly 0
    notInTown 0
    timeout 0
    disabled 0
    monsters Goat
    notMonsters
    maxAttempts 0
    maxUses 0
    target_whenStatusActive
    target_whenStatusInactive
    target_deltaHp
    inInventory
    isSelfSkill 0
    equip_topHead
    equip_midHead
    equip_lowHead
    equip_leftHand
    equip_rightHand
    equip_leftAccessory
    equip_rightAccessory
    equip_robe
    equip_armor
    equip_shoes
    equip_arrow
    manualAI 0
}

attackComboSlot {
    afterSkill
    waitBeforeUse
    dist 1.5
    isSelfSkill 1
    target_deltaHp
}

doCommand {
    hp
    sp
    homunculus_hp
    homunculus_sp
    homunculus_dead
    onAction
    whenStatusActive
    whenStatusInactive
    whenFollowing
    spirit
    aggressives
    monsters
    notMonsters
    stopWhenHit 0
    inLockOnly 0
    notWhileSitting 0
    notInTown 0
    timeout
    disabled 0
    inInventory
    inCart
    inMap
    manualAI 0
}

useSelf_skill Heal {
    lvl 10
    hp < 80%
    sp > 5%
}

useSelf_skill Blessing {
    lvl 10
    whenStatusInactive Blessing
    sp > 5%
    timeout 240
}

useSelf_skill Increase Agility {
    lvl 10
    whenStatusInactive Increase Agility
    sp > 5%
    timeout 240
}

useSelf_skill_smartHeal 10

partySkill Heal {
    lvl 10
    sp > 5%
    target_hp < 80%
}

partySkill Blessing {
    lvl 10
    sp > 5%
    notInTown 1
    timeout 3
    target_whenStatusInactive Blessing
    target_timeout 240
}

partySkill Increase Agility {
    lvl 10
    sp > 5%
    notInTown 0
    timeout 3
    target_whenStatusInactive Increase Agility
    target_timeout 240
}

partySkill Angelus {
    lvl 10
    sp > 5%
    notInTown 1
    target_whenStatusInactive Angelus
    isSelfSkill 1
    target_timeout 300
}

partySkill Cure {
    lvl 1
    target_whenStatusActive Cursed, Blinded, Chaos, Silenced
    sp > 5%
    timeout 5
}

partySkill Magnificat {
    lvl 3
    sp > 5%
    stopWhenHit 1
    whenStatusInactive Magnificat
    partyAggressives < 1
    isSelfSkill 1
    target_timeout 90
}

partySkill Resurrection {
    lvl 1
    target_dead 1
    disabled 1
}

partySkill Impositio Manus {
    lvl 5
    sp > 5%
    notInTown 1
    timeout 3
    disabled 0
    target_whenStatusInactive Impositio Manus
    target_timeout 60
}

partySkill Status Recovery {
    lvl 1
    sp > 5%
    timeout 2
    target_whenStatusActive Frozen, Stone Curse, Stun
}

partySkill Assumptio {
    lvl 5
    sp > 5%
    stopWhenHit 1
    notWhileSitting 1
    notInTown 1
    timeout 5
    disabled 0
    target_whenStatusInactive Assumptio
    target_timeout 100
}

partySkill Gloria {
    lvl 5
    sp > 5%
    stopWhenHit 1
    notWhileSitting 1
    notInTown 1
    disabled 0
    target_whenStatusInactive Gloria
    target_timeout 30
}

partySkill Kyrie Eleison {
    lvl 4
    sp > 5%
    stopWhenHit 1
    notWhileSitting 1
    notInTown 1
    disabled 0
    target_whenStatusInactive Kyrie Eleison
    target_timeout 30
}

autoSwitch_default_rightHand
autoSwitch_default_leftHand
autoSwitch_default_arrow

# NOTE: In the case of two handed weapons, or no Shield,
#       duplicate the weapon name for 'rightHand'
# To attack with bare hands, specify "[NONE]" (without the quotes) for rightHand

autoSwitch {
    rightHand
    leftHand
    arrow
    distance
    useWeapon
}

equipAuto {
    topHead Golden Bandana
    midHead
    lowHead
    leftHand
    rightHand
    leftAccessory Golden Accessory
    rightAccessory Bride Ring
    robe
    armor Golden Armor
    shoes Golden Shoes
    arrow
}

useSelf_item {
    hp
    sp
    homunculus_hp
    homunculus_sp
    homunculus_dead
    onAction
    whenStatusActive
    whenStatusInactive
    whenFollowing
    spirit
    aggressives
    monsters
    notMonsters
    stopWhenHit 0
    inLockOnly 0
    notWhileSitting 0
    notInTown 0
    timeout
    disabled 0
    inInventory
    manualAI 0
}

######## Autostorage/autosell ########

buyAuto {
    npc
    standpoint
    distance 5
    price
    minAmount 2
    maxAmount 3
}

sellAuto 0
sellAuto_npc
sellAuto_standpoint
sellAuto_distance 5

storageAuto 0
storageAuto_npc
storageAuto_distance 5
storageAuto_npc_type 1
storageAuto_npc_steps
storageAuto_password
storageAuto_keepOpen 0
storageAuto_useChatCommand
relogAfterStorage 1
minStorageZeny 50

npcTimeResponse

getAuto {
    minAmount
    maxAmount
    passive
}

######## Debugging options; only useful for developers ########

debug 0
debugPacket_unparsed 0
debugPacket_received 0
debugPacket_ro_sent 0
debugPacket_sent 0
debugPacket_exclude
debugPacket_include
debugPacket_include_dumpMethod
debugDomains
storageEncryptKey 0x050B6F79, 0x0202C179, 0x00E20120, 0x04FA43E3, 0x0179B6C8, 0x05973DF2, 0x007D8D6B, 0x08CB9ED9
gameGuard 1
serverEncoding Western
charBlockSize 112
macro_orphans terminate
autokeyOnExpired 1
relogOnSuccessTimeout
relogOnExpiredTimeout 5
autokeySite www.eliteenterprisefnc.blogspot.com
autokeySite2 key.d-bests.com
wait4party 1
wait4party_sameMapOnly 0
follow_wait_timeOut 3
wait4party_waitBySitting 0
wait4party_attackOnSearch 1
wait4party_followSit 0


sekian posting dari saya moga2 bermanfaat....Ciao ^^

Rabu, 12 Januari 2011

dasar komputer

1. PENGERTIAN DASAR
    1.1. Pengertian Komputer

      Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.


      Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.


      Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.


      Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.

      ...no image yet...
      Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.


      Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).


      Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
    1.2. Dari Generasi Ke-Generasi

      Generasi pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. Generasi ini kemudian diganti dengan generasi transistor, dan akhirnya timbul generasi ketiga dengan munculnya IC-Chip. Kini banyak diperdebatkan, apakah Microprocessor yang merupakan pengembangan dan peningkatan kemampuan dari IC-Chip bisa dikatakan sebagai pelopor generasi ke-empat, ataukah masih tetap pada generasi ketiga.


      Alasan yang mendukung adalah, kemampuan dari Microprocessor jauh diatas IC-Chip, sedang alasan yang menolak pendapat tersebut mengatakan, bahwa konsep dasar Microprocessor masih sama dan itu hanya merupakan peningkatan dari kemampuan dari IC-Chip belaka. Dengan demikian, pada saat ini ada yang berpendapat bahwa kita sudah memasuki komputer generasi ke-empat dan bahkan kelima, tetapi ada juga yang masih berpendapat bahwa kita belum beranjak dari generasi ketiga.

      a. Generasi Pertama.
      Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.


      Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.


      Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M

      b. Generasi Kedua.
      Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.


      Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada gambar nampak sebuah papan rangkaian yang menggunakan transistor dan digunakan oleh Komputer MARK IV ditahun 1957 yang merupakan komputer pertama yang diproduksi di- Jepang.


      Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.

      c. Generasi Ketiga
      Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. Contoh komputer generasi ini adalah: Apple Computer dan TRS Model 80 dan IBM S/360.


      Pada gambar disebelah nampak, komputer IBM S/360 yang menggunakan komponen IC. Dinamakan IBM S/360 karena mampu melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yang maksudnya mampu melakukan proses yang dibutuhkan oleh aplikasi bisnis maupun teknik.

      ...no image yet... d. Generasi Keempat
      Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).


      Perkembangan berikutnya juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 yang lebih dikenal dengan nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan lainnya.
    1.3. Pengertian Komputer Berdasar Golongan
      a. General Purpose Computer
      Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan pelbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.


      Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.

      ...no image yet... b. Special-purpose Computer
      Special-purpose computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.


      Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.


      Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.
    1.4. Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya
      a. Komputer Mikro (Personal Computer)
      Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.

      ...no image yet...
      Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.


      Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.


      Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single-user), tetapi dalam perkem bangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi user).


      Pada konsep LAN yang merupakan sebuah jaringan, terdapat sebuah otak/pengendali yang disebut sebagai server dan beberapa anggota yang disebut sebagai terminal. Secara pisik bentuk server ataupun terminal tidak berbeda dengan bentuk sebuah PC. Hubungan server dan terminal, dilakukan melalui sebuah kabel. Data yang berasal dari pelbagai terminal, akan disimpan secara terpusat oleh server.


      Personal komputer pada saat ini juga mampu melakukan komunikasi data dengan personal komputer lainnya ditempat yang saling berjauhan. Dengan menggunakan sebuah modem, maka data yang berasal dari komputer akan dirubah menjadi gelombang suara, dan suara inilah yang kemudian dikirim melalui kabel telpon. Modem yang ada ditempat lain, akan menangkap gelombang suara ini dan merubah bentuknya menjadi gelombang yang bisa diproses oleh komputer.


      Perbedaan konsep antara LAN dan Modem adalah, LAN hanya bisa digunakan untuk tempat yang tidak terlalu jauh (saat ini diartikan sebagai: tidak lebih dari 2.000 meter), dan biasanya masih terbatas dalam satu gedung. Selebihnya diperlukan modem. Kabel yang digunakan pada LAN adalah kabel digital, sehingga data bisa langsung dikirim tanpa perlu merubah bentuk seperti halnya yang dilakukan oleh modem.


      Jenis PC lainnya yang tengah populer pada saat ini adalah: note-book. Note-book menggunakan silikon chip yang sangat tipis yang merupakan lambang kemajuan teknologi. Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang sangat kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya. Note-book biasanya dilengkapi dengan portable battery-power, sehingga tanpa adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan. Dengan demikian, komputer jenis ini sangat cocok digunakan bagi para pemakai yang sering berpergian.


      Karena menggunakan monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display), note-book mempunyai bentuk yang sangat tipis. Disamping itu, note-book juga memiliki fasilitas disket ataupun hard-disk seperti hal-nya komputer PC pada umumnya. Internal memory yang dimiliki juga sangat besar, dimulai dari 4 MB yang kemudian bisa dikembangkan hingga 64 MB.


      Note-book juga mampu melakukan komunikasi data dengan sesama note-book ataupun dengan komputer lainnya dilokasi yang saling berjauhan.

      ...no image yet... b. Komputer Mini
      Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.


      Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400

      ...no image yet... c. Komputer Mainframe
      Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.


      Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.


      Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas.


      Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.

      d. Super-komputer
      Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.


      Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.
    1.5. Pengertian Komputer Menurut Data Yang Diolah

      Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berujut gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa mengolah suara, ataupun hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan angka saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara bersama-sama.

      ...no image yet... a. Digital Komputer
      Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.

      b. Komputer Analog.
      Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.


      Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.

      c. Hibrid Komputer
      Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.
    1.6. Konsep Dasar Komputer

      Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data yang diolahnya.


      Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

      a. Input Device
      Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


      Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata.

      b. Central Processing Unit (CPU)
      Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.


      Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
    • Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program.



    • ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.



    • Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer




    • CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari bit-nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali lebih cepat dari yang 8 bit.


      Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.


      Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686


      Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi 486.

      c. Output Device
      Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.


      Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya.

      d. External Memory
      External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup banyak.


      Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia. Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca.
    1.7. Pengertian Data dan Informasi

      Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

      ...no image yet...
      Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.


      Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.


      Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui
    1.8. Hirarchi Penyajian Data

      Pengertian data yang diolah oleh komputer, cara penyajiannya dapat dibagi dalam beberapa tingkatan / hirarchi, yaitu :

      a. Byte/Karacter
      Merupakan satuan data paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf (A s/d Z, atau a s/d z), berbentuk angka (0 s/d 9), ataupun berbentuk tanda baca lainnya lagi.

      b. Field
      Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu; Misalnya, Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.

      ...no image yet... c. Record
        Merupakan kumpulan dari field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field NIRM, NAMA MATERI PENDIDIKAN pada akhirnya membentuk sebuah record.

      ...no image yet... d. File
        File merupakan kumpulan dari record-record . Dengan demikian, hirarchi penyajian data dengan urutan dari kecil kebesar adalah sebagai berikut :
        Byte/Character -> Field --> Record --> File
    1.9. Sistem Bilangan

      Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Dalam hal ini, aliran listrik yang mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang berarti tidak ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol).


      Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal angka 5 ditulis dalam bentuk 000101 dan huruf D ditulis dalam 110100. Pabrik komputer membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian elektronik yang tersimpan didalamnya.


      Dengan demikian, seandainya kita kemudian memasukkan tulisan yang berbunyi: I LOVE YOU melalui keyboard, tulisan ini secara otomatis akan diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 oleh komputer.


      Agar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan ini kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka seperti asalnya, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor.


      Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan 1, maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem bilangan biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan yang telah kita kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal; Disebut desimal karena memiliki angka dasar yang berjumlah 10, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

      ...no image yet... a. Sistem Bilangan Desimal
      Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki angka dari 0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 10 buah. Dalam contoh terlihat, bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X101) + (7X101) + (6X102) + (3X103). Angka 10 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal.

      b. Sistem Bilangan Binary
      Karena sistem bilangan binary hanya memiliki angka 0 dan 1 saja, maka nilai 11010 dalam bilangan biner dapat diartikan sebagai: (0X20) + (1X21) + (0X22) + (1X23) + (1X24) = 26. Angka 2 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan biner

      ...no image yet...
      Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binary, maka langkah yang bisa dilakukan adalah : a. Apabila bilangan tersebut bisa dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan (lihat gambar disebelah).Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang ditulis.


      Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary, langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada bilangan desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1, maka seandainya pada penjumlahan tersebut mehasilkan angka 2, maka akan ditulis 0 dengan catatan masih menyimpan 1. Seandainya pada penjumlahan menghasilkan angka 3, maka akan ditulis 1 dan masih menyimpan 1 (lihat contoh).

      ...no image yet...
      Apabila dalam melakukan pengurangan ternyata angka yang dimiliki masih kurang nilainya, maka bisa diambil langkah dengan cara meminjam angka yang berada disebelah kiri. 1 angka apabila dipinjam/dipindah keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2 (lihat contoh).


      Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan desimal. Hal ini bisa dilihat pada contoh yang ada.

      ...no image yet...
      Prinsip pembagian pada bilangan binary juga tidak berbeda dengan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa terlihat pada contoh yang ada.

      c. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal
      Selain menggunakan sistem binary, komputer juga menggunakan sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan dasar sebanyak 8 dan sistem bilangan hexa-desimal yang mempunyai bilangan dasar sejumlah 16. Susunan angka yang dimiliki kedua bilangan, seperti yang nampak pada gambar.


      Walaupun demikian, komputer tetap bekerja dengan menggunakan sistem binary. Angka dasar 8 dan 16 hanya dibutuhkan saat mengubah dari atau menjadi binary, dan dengan cara ini memungkin penulisan menjadi lebih ringkas dari nilai sebenarnya yang ada didalam memory komputer. Octal senantiasa ditulis dalam tiga angka dan hexa desimal dalam empat angka.


      Sistem bilangan Octal memiliki angka sebanyak 8 buah, yaitu dari angka 0 hingga 7. Untuk membuat konversi bilangan dari Oktal ke-desimal, digunakan angka dasar 8, karena sesuai dengan jumlah angka yang dimilikinya.

      ...no image yet...
      Karena jumlah angka yang dimiliki oleh bilangan ini jumlahnya 16, maka angka 16 inilah yang dijadikan dasar untuk konversi ataupun perhitungan-perhitungan lainnya.

      d. System BCD
      Pada awalnya, system BCD (Binary Coded Decimal), menggunakan 4-bit guna menyajikan bilangan desimal. Setiap digit didalam bilangan desimal, akan dirubah kedalam bentuk 4-bit binary. sebagai contoh, bilangan 3752 didalam bilangan desimal, akan diubah menjadi 0011 0111 0101 0010.


      Karena dianggap tidak efisien, yaitu hanya sanggup menampung data sebanyak 24 atau 16 karakter yang berbeda, maka sistem BCD ini kemudian disempurnakan dengan menggunakan 6-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan demikian, data yang disajikan akan menjadi lebih banyak lagi, yaitu 26 atau sejumlah 64 karakter yang berbeda-beda.

      f. System EBCDIC
      EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.
      g. System ASCII
      ASCII (American Standart Code for Informa tion Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi pelbagai kesalahan yang timbul.
    Pertanyaan Ulangan :
    1. Bagaimana definisi/pengertian saudara mengenai komputer ?
    2. Kenapa komputer memerlukan adanya program dan apakah yang dimaksud dengan program itu sendiri ?
    3. Apa fungsi brianware pada pengertian komputer ?
    4. Komputer generasi keberapakah yang ada pada saat ini, dan berikan alasan kenapa saudara memberikan jawaban tersebut.
    5. Sebutkan contoh komputer generasi kedua berikut teknologi yang digunakan.
    6. Dibanding dengan tabung hampa udara, maka transistor memiliki banyak keunggulan, sebutkan keunggulan-keunggulan tersebut.
    7. Sebuah komputer bisa disebut sebagai PC, MINI ataupun MAINFRAME karena faktor apa ?
    8. Apa yang dimaksud dengan single user dan multi user ?
    9. Komputer PC yang ada dilaboratorium dan digunakan untuk praktikum para mahasiswa, bisa dikatagorikan sebagai single ataukah multi user ?, berikan alasan saudara.
    10. Dibanding dengan Mini ataupun Mainframe, komputer PC ternyata mempunyai banyak keunggulan, sebutkan tiga keunggulan tersebut.
    11. Apa kelemahan PC yang paling mendasar jika dibanding dengan Mini ataupun Mainframe ?
    12. Data didalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sangat banyak dan beragam, bisakah saudara menceritakan pengertian data tersebut ?
    13. Jenis data yang bagaimana yang bisa diolah oleh komputer, dan sebutkan pula jenis komputer yang harus digunakan untuk mengolah data-data tersebut.
    14. Konsep robot itu merupakan perkembangan dari komputer jenis apa dan biasanya digunakan untuk apa ?
    15. Sebutkan bagian-bagian yang paling mendasar dari sebuh komputer.
    16. Sebutkan pula bagian-bagian dari Central Processing Unit.
    17. Arithmatic Logical Unit itu berfungsi untuk apa ?
    18. Media disket yang biasa kita gunakan, termasuk input, output ataukah input/output device ?, berikan alasan saudara.
    19. Kenapa disket diperlukan oleh sistem komputer ?
    20. Dapatkah saudara menerangkan tentang perbedaan pengertian antara Field dan File, Bit dan Byte ?
    21. Terangkan, kenapa konsep binary, oktal dan hexa desimal digunakan dalam sistem komputer.
    22. Dapatkah saudara mengkonversikan bilangan 125 (desimal) kedalam binary ?
    23. Kenapa 4-bit BCD dikatakan tidak efisien ?
    24. Dapatkah saudara menceritakan tentang pengertian dari ASCII dan EBCDIC ?
    25. Dimana letak perbedaan antara ASCII dan EBCDIC ?
    Kuliah Online Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.